SK MENDIKNAS RI NO. 01/D/0/2009

Nursing Ambasador 2018

Hallo Mahasiswa STIKep PPNI Jawa Barat siapkan dirimu untuk mengikuti Election Nursing Ambassador 2018 . Achievement : 🎉 : Brand Campus Ambassador 🏆 : Thropy Kepala STIKep PPNI Jabar 🎖 : Pin and ...

Upacara Wisuda dan Pengambilan Sumpah Perawat

Upacara Wisuda  dan Pengambilan Sumpah  Perawat  Diploma III,  Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Tahun Akademik 2015/2016Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan   PPNI Jawa &n...

Himpunan Perawat Medikal Bedah Provinsi Jawa Barat Masa Bakti 2013 - 2018

VISI HIPMEBI PROVINSI JAWA BARAT

“MENJADIKAN HIPMEBI JAWA BARAT SEBAGAI ORGANISASI SEMINAT YANG DIRASAKAN MANFAATNYA OLEH ANGGOTA MELALUI PENDIDIKAN, PELATIHAN, PENELITIAN DAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DALAM BIDANG KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH PADA TAHUN 2018”

MISI HIPMEBI PROVINSI JAWA BARAT

MISI

Untuk mencapai Visi Hipmebi Provinsi Jawa Barat tersebut ditetapkan 8 misi, yaitu sebagai berikut:

  1. Menyusun dan mengembangkan model manajemen pelayanan keperawatan dalam bidang KMB untuk memberikan excellent nursing services.
  2. Menyusun dan mengembangkan standar beserta pedoman praktek keperawatan medikal bedah.
  3. Menyusun dan mengembangkan standar kompetensi perawat medikal bedah, model Diklat KMB, dan program sertifikasi perawat medikal bedah.
  4. Menyusun, melaksanakan dan mengembangkan penelitian dalam bidang KMB sebagai upaya dalam merumuskan evidenced based practices
  5. Membentuk organisasi yang kuat, kompak, dan memiliki komitmen yang tinggi untuk pengembangan keilmuan KMB.
  6. Mengembangkan dan mensosialisasikan keberadaan organisasi Hipmebi serta Membangun jejaring atau kerjasama dengan organisasi profesi dan seminat lain.
  7. Menyusun, melaksanakan dan mengembangkan program yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota. 
  8. Berkontribusi dan berperan serta secara aktif dalam mensukseskan program kesehatan pemerintah khususnya program kesehatan Provinsi Jawa Barat yang berkaitan dengan lingkup KMB.

LAPORAN PELAKSANAANKONGRES I

HIMPUNAN PERAWAT MEDIKAL BEDAH INDONESIA (HIPMEBI)

PROVINSI JAWA BARAT

BANDUNG, 5 DESEMBER 2013

Latar Belakang

Keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan  kesehatan mempunyai peranan penting dalam membantu mencapai derajat kesehatan yang optimal dengan mempertahankan status kesehatan individu, keluarga dan masyarakat pada tingkat yang paling tinggi. Bentuk profesionalisme keperawatan salah satunya ditunjukkan dalam pemberian asuhan keperawatan. Asuhan keperawatan merupakan pendekatan ilmiah dan rasional dalam menyelesaikan masalah keperawatan yang ada dalam bentuk praktek keperawatan profesional. 

Praktek keperawatan sebagai suatu pelayanan profesional diberikan berdasarkan ilmu pengetahuan, menggunakan metodologi keperawatan dan dilandasi kode etik keperawatan. Pada hakikatnya keperawatan sebagai profesi senantiasa mangabdi kepada kemanusiaan, mendahulukan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi, bentuk pelayanannya bersifat humanistik, menggunakan pendekatan secara  holistik, dilaksanakan berdasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan serta menggunakan kode etik sebagai tuntutan utama dalam melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan profesional.

Sebagai bagian kelompok profesional yang saat ini sedang menjalani proses menuju profesionalismenya dengan berdasarkan pada standar  keilmuan profesi yang telah ditetapkan, sudah sewajarnya bilamana perawat yang  mempunyai konsent pada area medikal bedah mengembangkan diri serta dapat memperluas pelayanan kepada masyarakat sesuai kebutuhan serta pengembangan keilmuannya dengan tetap berpedoman pada aturan, peran, fungsi dan kaidah profesi. 

Keperawatan medikal bedah merupakan salah satu bagian keilmuan dari profesi keperawatan yang fokusnya adalah mempelajari dan mengembangkan bagaimana memenuhi kebutuhan dasar manusia kepada usia dewasa baik sehat maupun sakit. Dalam perkembanganya keilmuan keperawatan medikal bedah saat ini sangat berkembang cepat baik bentuk praktek keperawatan dan juga keilmuan medikal bedah termasuk di Indonesia dimana keilmuannya mengarah kepada tingkat spesialisasi.

Pada saat ini jumlah perawat medikal bedah sangat banyak, hampir 80% dari jumlah perawat yang ada di Indonesia. Keberadaanya diberbagai area baik klinis (Rumah Sakit) maupun sebagi pendidik (pendidikan), dimana telah memulai perannya lebih lama dibandingkan keilmuan keperawatan lainnya. Banyaknya perawat diberbagai area pelayanan kesehatan tersebut membutuhkan wadah yang dapat mengakomodasi dan mengorganisir keberadaan dirinya, sehingga dapat berkontribusi terhadap pelayanan kesehatan keperawatan yang lebih optimal dan bermutu.

Pentingnya standarisari dari kompetensi perawat medikal bedah dan juga panduan ataupun pedoman yang jelas dalam pemberian pelayanan keperawatan baik di Rumah Sakit maupun Non Rumah Sakit sehingga memiliki akontabilitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk membentuk dan menyusun standar ataupun pedoman tersebut dibutuhkan pengakuan yang jelas dari organisasi profesi baik sesama profesi  perawat maupun profesi lain dan semuanya itu menjadi tanggung jawab profesi (terutama perawat medikal bedah).

Pada tingkat nasional saat ini telah berdiri Himpunan Perawat Medikal Bedah Indonesia (Hipmebi) yang dihasilkan melalui Kongres Nasional pada tanggal 29 April 2010. Salah satu program kerja  yang tercantum di dalam Garis-garis Besar Program Kerja Tahun 2010 -2015 pada Bidang Organisasi dan Hukum adalah mendorong terbentuknya kepengurusan HIPMEBI di tingkat Propinsi. Saat ini di Jawa Barat belum memiliki organisasi HIPMEBI pada tingkat Provinsi, padahal keberadaan organisasi ini sangat penting untuk menampung dan mewadahi aspirasi seluruh perawat yang memiliki consent atau bekerja dalam kajian bidang Keperawatan Medikal Bedah di wilayah Provinsi  Jawa Barat.

Berbagai pemikiran-pemikiran tersebut diatas merupakan dasar dalam penyelenggaraan kegiatan Kongres provinsi Himpunan Perawat Medikal Bedah Provinsi Jawa Barat yang pertama, sekaligus sebagai wahana untuk mendeklarasikan pembentukan HIPMEBI Provinsi Jawa Barat. Kegiatan Kongres Provinsi Himpunan perawat medikal bedah ini telah dilaksanakan yang diikuti oleh 251 orang peserta seminar nasional keperawatan dan 162  orang peserta kongres.

 Tema Kongres Provinsi

“Profesionalisme perawat medikal bedah dalam mewujudkan pencapaian Indonesia Sehat 2025”.

 Tujuan Kegiatan

A.   Tujuan Umum:

Terbentuknya Himpunan perawat medikal bedah Indonesia  (Hipmebi) Jawa Barat secara syah sesuai aturan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan keberadaannya diterima oleh masyarakat dan profesi lain.

B.    Tujuan Khusus: 

1)      Terbentuknya wadah organisasi profesi bagi perawat medikal bedah Indonesia di wilayah Provinsi Jawa Barat.

2)      Memotivasi timbulnya ide-ide kreatif sehingga dapat diimplementasikan dalam upaya  meningkatkan asuhan keperawatan medikal bedah.

3)      Menjadi mitra pemerintah dalam pelaksanaan/pelayanan asuhan keperawatan di  Indonesia  khususnya di Jawa Barat terutama yang berkaitan dengan keperawatan medikal bedah.

4)      Memantapkan persatuan yang kokoh antara perawat medikal bedah di Jawa Barat

5)      Meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan medikal  bedah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

6)      Mengembangkan karier dan prestasi kerja bagi tenaga perawat medikal bedah Indonesi

7)      Memfasilitasi dan melindungi anggota

8)      Meningkatkan hubungan kerja sama dengan organisasi  terkait, lembaga dan institusi terkait baik dalam maupun luar Provinsi Jawa Barat

Waktu dan Tempat

Kongres I HIPMEBIProvinsi Jawa Barat dilaksanakan pada :

·         Hari                      :  Kamis

·         Tanggal                 :  5 Desember 2013

·         Waktu                   :  Jam 07.30 s.d 17.45 WIB

·         Tempat                  :  Hotel Aston Primera Pasteur, Jl. Dr. Junjunan Bandung

Peserta

Peserta Kongres  Provinsi Hipmebi Jawa Barat terdiri dari :

1.        PesertaKegiatanIlmiah

Peserta kegiatan ilmiah adalah seluruh perawat medikal bedah yang mendaftarkan diri kepada Panitia untuk mengikuti acara ilmiah pada kegiatan Kongres IHIPMEBI Provinsi Jawa Barat, berupa seminar nasional keperawatan yang diikuti oleh: 251 orang peserta dari wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

2.        Peserta Musyawarah/Kongres I

Peserta musyawarah/kongresadalah seluruh perawat medikal bedah yang hadir mengikuti seluruh rangkaian acara KongresIHIPMEBI Provinsi Jawa Barat, baik dosen maupun praktisi yang memiliki peminatan dalam kajian bidang KMB dari wilayah Jawa Barat,yang diikuti oleh: 162 orang peserta.

Susunan Acara

Acara Seminar Nasional Keperawatan (Seluruh materi seminar terlampir):

NO

WAKTU

ACARA

PJ ACARA

1.

07.30-08.15

Registrasi peserta

Seksi Ilmiah dan Seksi Penerima Tamu

2.

08.15-08.20

Persiapan pembukaan

Sie. Acara

3.

08.20 –08.30

Pagelaran seni tari Jaipong(oleh perwakilan mahasiswa Stikes A. Yani).

Sie. Acara

4.

08.30-08.40

Acara dibuka

MC :

·  Hani Handayani, Skep. Ners.

·  MasdumIbrahim, Skep.

5.

08.40-08.45

Pembacaan ayat suci Al Qur’an

Qori              :

H. Arip, Skep. Ners.

Saritilawah :

Tati Ruhyati, SKp.

6.

08.45-08.50

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Mars PPNI

Dirigen :

Dian Hayati U., SKep. Ners.

7.

08.50-08.55

Laporan Ketua Panitia

Ketua Panitia:

Dr. Hotma R.SKp. Mepid.

8.

08.55-09.10

Sambutan :

Ketua PPNI Jabar, diwakili oleh Sekretaris pengurus PPNI Provinsi Jawa Barat.

 

Kusman Ibrahim, PhD.RN

 

9.

09.10-09.15

Pembacaan doa

H. Wawan Arif S, SKp.

10.

09.15-09.30

Coffee break

Sie. Konsumsi

 

 

 

Diskusi Panel 1

Moderator :

Nursiswati, SKp. MKep. Sp.KMB

Sekretaris   :

Sri Hartati, Skep. Ners. MKep.

 

 

 

 

11.

09.30-10.00

Presentasi pembicara 1

Profesionalisme Perawat Medikal Bedah dalam meningkatkan Excellent Nursing Service

Oleh :Dr. Ratna Sitorus, M.App.Sc

12.

10.00-10.30

Presentasi pembicara 2

Kebijakan Kementrian Kesehatan dalam Memberdayakan Perawat Medikal Bedah

Oleh: Ati Surya Mediawati., SKp, M.Kep

13.

10.30-10.50

Tanya Jawab: lisan/langsung.

 

 

Diskusi panel 2

Moderator :

H. Ali Hamzah, SKp. MNS.

Sekretaris   :

Nur Intan, Skep. Ners. MKep.

14.

10.50-11.20

Presentasi pembicara 3

Kontribusi Perawat Medikal Bedah dalam Pencapaian   target MDGs, focus pada HIV/AIDS

Oleh : dr. Yuzar Ibi.

15.

11.20-11.50

Presentasi pembicara 4

Pandangan dan Harapan Mitra  Profesi terhadap Perawat Medikal Bedah

Oleh: Dr. Hj. Emmy H. Pranggono, dr.,SpPD, KP, KIC

16.

11.50-12.20

Tanya Jawab: lisan/langsung.

17.

12.20 - 13.20

I S H O M A

Sie. Konsumsi

Acara Kongres (Seluruh hasil kegiatan kongres terlampir):

1.

13.20-13.30

Pengarahan dari Ketua Hipmebi Pusat,    oleh: Sunardi, SKp. MKep. Sp. KMB.

Sie. Acara

1.

13.30-14.20

Sidang pleno 1 : Pembahasan Tata Tertib Kongres

Sie. Sidang: Wawan Arief dan Ibu Tri Hapsari

2.

14.20-14.50

Sidang pleno 2 : Pemilihan Pimpinan Kongres Provinsi , terpilih 5 orang sebagai berikut:

Ketua        : H. Wawan Arif S. SKp.

Wk. Ketua: H. Ali Hamzah, SKp. MNS.

Sekretaris: Nursiswati, SKp. MKep. Sp.KMB.

Anggota  : Hj. Tri Hapsari, SKp. MKes. AIFO

Anggota  : Dedi Supriadi, Skep. Ners. MKep.

Sie. Sidang:

·         H. Wawan AriefS, SKp.

·         Hj. Tri Hapsari , SKp. MKes.

 

 

3.

14.50-15.20

Sidang Pleno 3: Deklarasi Pembentukan   HIPMEBI Provinsi Jawa Barat , dibacakan oleh 3 orang perwakilan peserta, yaitu:

1.       Aap Apipudin, Skp. MKes.

2.       Ria E. Sitorus, SKp. MKep. Sp.KMB.

3.       Asep Kuswandi, SKp. MKep. Sp.KMB.

Pimpinan Kongres:

·         Ketua        :

H. Wawan Arif S. SKp.

·         Wakil Ketua:

H. Ali Hamzah, SKp. MNS.

·         Sekretaris:

Nursiswati, SKp. MKep. Sp.KMB.

·         Anggota  :

Hj. Tri Hapsari, SKp. MKes. AIFO

·         Anggota  :

Dedi Supriadi, Skep. Ners. MKep.

4.

15.20-15.35

Rehat kopi

 

5.

15.35- 16.30

Sidang Pleno 4 : Pemilihan Ketua HIPMEBI Provinsi Jabar , sesuai Tata tertib melalui 2 tahap, yaitu:

Putaran I (Pemilihan bakal calon),diperoleh 3 orang dengan suara terbanyak, yaitu:

1.       H. Ali Hamzah, SKp. MNS : 57 suara

2.       Nursiswati, SKp. MKep. Sp. KMB : 14 suara

3.       Ani Maryani, SKp. MKep. Sp.KMB: 14 suara

Putaran II (Pemilihan Calon Ketua), diperoleh hasil sebagai berikut:

1.       H. Ali Hamzah, SKp. MNS : 83 suara

2.       Nursiswati, SKp. MKep. Sp.KMB : 20 suara

3.       Ani Maryani, SKp. MKep. Sp.KMB: 27 suara

4.       Abstaian      :   2 orang,

Berdasarkan hasil pemilihan tersebut maka ditetapkan Sdr. H. Ali Hamzah, SKp. MNS. sebagai ketua terpilih Hipmebi Provinsi Jawa Barat periode 2013 – 2018.

Pimpinan Kongres:

·         Ketua        :

H. Wawan Arif S. SKp.

·         Wakil Ketua:

H. Ali Hamzah, SKp. MNS.

·         Sekretaris:

Nursiswati, SKp. MKep. Sp.KMB.

·         Anggota  :

Hj. Tri Hapsari, SKp. MKes. AIFO

·         Anggota  :

Dedi Supriadi, Skep. Ners. MKep.

6.

16.30-16.45

Sidang Pleno 5 : pembentukan tim Formaturberdasarkan pemilihan diperoleh susunan tim formatur sebagai berikut:

1.       H. Ali Hamzah, SKp. MNS (Poltekkes Bandung)

2.       Nursiswati, SKp. MKep. Sp.KMB  (FIK Unpad)

3.       Ani Maryani, SKp. MKep. Sp.KMB (RSHS)

4.       Asep Kuswandi, SKp. MKep. SP.KMB (Praktek mandiri)

5.        Dudang Suseno, SKp. MKes (RSUD Tasikmalaya)

6.       Sri Wahyuna, Skep. Ners. (RS Sentosa Bandung)

7.       Sophia, Skep. Ners (RS Advent Bandung)

 

Pimpinan Kongres:

·         Ketua        :

H. Wawan Arif S. SKp.

·         Wakil Ketua:

H. Ali Hamzah, SKp. MNS.

·         Sekretaris:

Nursiswati, SKp. MKep. Sp.KMB.

·         Anggota  :

Hj. Tri Hapsari, SKp. MKes. AIFO

·         Anggota  :

Dedi Supriadi, Skep. Ners. MKep.

7.

16.45 -17.00

Sidang Pleno 6 : Sosialisasi AD/ART HIPMEBI

Oleh Ketua Hipmebi Pusat

Pimpinan Kongres(sda)

8.

17.00-17.15

Sidang Pleno 7 : Pelantikan Ketua terpilih HIPMEBI Jawa Barat oleh Ketua Hipmebi Pusat

Pimpinan Kongres(sda)

9.

17.15 -17.30

Sidang Pleno 8 : Penutupan Sidang

Pimpinan Kongres(sda)

10.

17.30 – 17.45

Foto bersama peserta kongres

 

     

 

Susunan Panitia

Susunan panitiapada kongresI  HIPMEBI Provinsi Jawa Barat ditetapkan berdasarkan SK HIPMEBI PusatNo. 082/PP. HIPMEBI/SK/K/IX/2013, tanggal 18 November 2013 dengan susunan nya adalah sebagai berikut(SK terlampir):

·    Ketua              

:

DR. Hotma Rumahorbo, SKp. M.Epid.

·    Wakil Ketua  

:

Nursiswati, SKp. MKep. Sp. KMB

·    Sekretaris                      

:

Ali Hamzah, SKp. MNS.

·    Wakil Sekretaris

:

Tati Sumiati, Skep. Ners.

·    Bendahara    

:

Lina Erlina, SKp. MKep. Sp.KMB

·    Wakil Bendahara

:

Siti Nurlaela, Skep. Ners.

·      Seksi-seksi

:

 

1.

Seksi Ilmiah

:

·       Urip Rahayu, Skep. Ners. MKep. (Koordinator)

·       Nur Intan, Skep. Ners. MKep.

 

 

 

·       Chandra Isabella, Skep. Ners. MKep.

·       Argi Virgona Bangun, SKp. MKep.

 

 

 

·       Fitri Secilia, Skep. Ners.

·       Rizki Julian ES., Skep. Ners.

2.

Seksi Sidang

:

·         Wawan Arief Sawana, SKp. (Koordinator)

·         Tri Hapsari, SKp. MKes.

 

3.

Seksi Dokumentasi

:

·         Galih Jatnika, Skep. Ners. Mkes. AIFO (Koordinator)

·         Dedi Supriadi, Skep Ners. Mkep.

4.

Seksi Konsumsi

:

·         Ade Siti Satariyah, Skep. Ners. MKep. (Koordinator)

·         Evi Fitriana, Skep. Ners

·         Sri Haryati, Skep. Ners.

·         Sri Hesti, Skep. Ners. MKep.

 

5.

Seksi Humas

:

·         Ridwansyah, Skep. Ners.(Koordinator)

·         Susi Puspasari, Skep. Ners. MKep.

·         Monica Ginting, Skep. Ners.

 

6.

Seksi Perlengkapan

:

·         Nandang Ahmad Waluya, SKp. MKep. Sp.KMB (Koordinator)

·         I Gusti Lanang Rai, SKep. Ners.

 

7.

Seksi Acara

:

·         Tarjuman, SKp. MNS (Koordinator)

·         Masdum Ibrahim, Skep. Ners.

·         Hani Handayani, Skep. Ners.

·         Sri Hartati, Skep. Ners. MKep.

 

8.

Seksi Dana dan Usaha

:

·         Ria E. Sitorus, SKp. MKep. Sp.KMB. (Koordinator)

·         Ismani Harto, Skep. Ners.

·         Dian Hayati Usman, Skep. Ners.

·         Tati Ruhyati, Skep. Ners.

 

 Anggaran Biaya

1.

JUMLAH TOTAL PENERIMAAN

Rp. 134.625.000,-

2.

JUMLAH TOTALPENGELUARAN

Rp. 112.081.000,-

3.

SALDO KAS:

Rp.   22.544.000,-

 

Penutup

Demikian laporan pelaksanaan kegiatan Kongres I Himpunan Perawat Medikal Bedah Indonesia (Hipmebi) Provinsi Jawa Barat, kami ucapkan terima kasih kepada semua fihak yang telah berpartisipasi dan memberikan bantuan baik material maupun spiritual, sehingga acara seminar nasional keperawatan dan kongres I Hipmebi Provinsi Jawa Barat ini semuanya berjalan dengan baik dan lancar, semoga Alloh SWT membalas amal kebaikan Bapak/Ibu/Sdr.   

Panitia Persiapan Pembentukan Hipmebi Provinsi Jawa Barat

Ketua Panitia                                                                                                     Sekretaris

 

Dr. Hotma Rumahorbo, SKp. M.Epid                                                    H. Ali Hamzah, SKp. MNS.

 

Alamat email hipmebi Jabar

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

blog hipmebi jabar

http://hipmebijabar.blogspot.com/

Contact Person

Susy Puspasari 081321692020

Berita Seputar Kampus

Nursing Ambasador 2018
Hallo Mahasiswa STIKep PPNI Jawa Barat siapkan dirimu untuk mengikuti Election Nursing Ambassador 2018 . Achievement : 🎉 : Brand Campu

Berita Seputar Kemahasiswaan

Syukuran LDK BEM
Salam memperingati terbentuknya UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang ke-3 tepatnya pada hari Rabu 27 November 2013, seluruh kepengurusan LDK

Kotak Pencarian

Admin Area