Panduan Akademik



Panduan Akademik

  • Sistem

    Perubahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan globalisasi dunia berdampak secara langsung terhadap sistem pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan. Masyarakat bisa mendapatkan informasi secara cepat dan mudah, sehingga tuntutan terhadap pelayanan yang diberikan semakin meningkat, baik di tatanan klinik maupun di komunitas. Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan harus terjamin, tidak berisiko, dan dapat memberi kepuasan, termasuk pelayanan keperawatan.

    Pelayanan keperawatan yang diberikan kepada masyarakat harus memenuhi standar mutu internasional, yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan klien beserta keluarganya. Perawat dituntut untuk tampil professional saat memberikan asuhan keperawatan serta mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar pelayanan yang diberikan dilakukan secara komprehensif dan dapat memenuhi kebutuhan dasar, meliputi kebutuhan bio, psiko, sosio dan spiritual klien.

    Penyelenggaraan praktik keperawatan didasarkan pada kewenangan yang diberikan karena keahlian yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kesehatan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan globalisasi sebagaimana tertera dalam Undang-Undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009. Praktik keperawatan merupakan inti dari berbagai kegiatan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan yang harus terus menerus ditingkatkan mutunya melalui pendidikan, registrasi, sertifikasi, akreditasi dan pelatihan berkelanjutan serta pemantauan terhadap tenaga keperawatan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

    Sekolah Tinggi Keperawatan (STIKep) PPNI Jabar sebagai institusi pendidikan  yang peduli dengan perkembangan keilmuan profesi keperawatan dan program-program kesehatan di lingkup nasional ataupun global, merasa terpanggil untuk terlibat dan ikut serta dalam menanggulangi berbagai masalah kesehatan. Dalam hal ini salah satu cara yang ditempuh adalah dengan pengembangan SDM tenaga keperawatan keperawatan menjadi prioritas utama, dengan melahirkan Sarjana Keperawatan (Ners) dan Ahli Madya Keperawatan yang dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Jawa Barat khususnya dan di Indonesia pada umumnya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

    Kurikulum Pendidikan Ners 2014 terdiri atas kurikulum tahap akademik (Sarjana Keperawatan) dan kurikulum tahap profesi (Ners). Kurikulum ini disusun setelah mempertimbangkan bahwa Kurikulum Pendidikan Ners (tahap akademik Sarjana dan profesi Ners) yang disahkan pada tahun 2010 perlu dievaluasi dan disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang Pendidikan Tinggi. Untuk menyongsong ASEAN Community tahun 2015 dan mengantisipasi perkembangan global telah diadakan perubahan-perubahan yang bersifat inovasi, reorientasi, reformasi di dalam revisi kurikulum Pendidikan Ners. Saat ini tuntutan terhadap pelayanan kesehatan semakin meningkat, masalah-masalah kesehatan semakin kompleks, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan semakin canggih, dan selain itu persyaratan dunia kerja semakin menuntut tenaga keperawatan yang kompeten, sehingga dunia pendidikan keperawatan harus mampu mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk mampu berkompetisi baik nasional maupun global.

    Penyusunan revisi kurikulum tahun 2014 berlandaskan kepada peraturan-peraturan terkini yang ada di Indonesia, dengan mempertimbangkan kebutuhan pemangku kepentingan, dan tuntutan dari organisasi profesi yang mengharapkan lulusan berstandar internasional dan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia level 7. Secara nasional, aturan-aturan yang tertuang pada SK Mendiknas No. 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar SK Mendiknas No. 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi, dan UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 20 (3) bahwa Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, profesi, dan/atau vokasi; PP RI No 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dan PP RI No 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, serta Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Penyusunan materi berdasarkan masukan stakeholders dan hasil kerjasama dengan organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia melalui kolegium. Tuntutan dari stakeholder: masyarakat, rumah sakit, puskesmas, departemen kesehatan dan organisasi/institusi pelayanan kesehatan lainnya terhadap tampilan perawat profesional, digunakan oleh penyusun kurikulum sebagai landasan pengembangan profil Ners di masyarakat. Kurikulum yang disusun juga lebih menitik beratkan kepada proses pembelajaran yang berorientasi kepada mahasiswa (student centered learning). Capaian pembelajaran yang harus dipenuhi oleh lulusan program pendidikan profesi sesuai dengan KKNI level 7 terdiri atas 4 komponen yaitu komponen sikap, kemampuan kerja umum dan khusus, penguasaan pengetahuan, serta kewenangan dan tanggung jawab. Untuk komponen sikap dan kemampuan kerja umum mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi yang merupakan capaian pembelajaran yang bersifat umum untuk seluruh lulusan pendidikan tinggi di Indonesia. Sedangkan untuk komponen penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja khusus, dan kewenangan dan tanggung jawab mengacu pada KKNI level 7 bidang keperawatan yang telah disepakati oleh tim penyusun KKNI Dikti yang melibatkan organisasi profesi PPNI dan AIPNI.

    Berdasarkan latar belakang di atas dan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, tersusunlah kurikulum inti Pendidikan Ners mengacu pada Capaian pembelajarans Ners tahun 2014 yang dapat dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum institusional di berbagai institusi penyelenggara program studi profesi Ners di seluruh Indonesia, dengan tahapan dan langkah yang diharapkan dapat menjamin kualitas lulusan sehingga mampu berkompetisi secara global.

  • Kurikulum

    Struktur Kurikulum Inti Program Studi Sarjana Keperawatan

    Kurikulum inti menurut Kepmendiknas no.045/U/2002, merupakan penciri dari kompetensi utama, bersifat dasar untuk mencapai kompetensi lulusan, merupakan acuan baku minimal mutu penyelenggaraan program studi, dan ditetapkan oleh kalangan perguruan tinggi (program studi sejenis) bersama masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Jadi Kompetensi utama ini merupakan penciri suatu lulusan program studi tertentu, dan ini bisa disepakati dengan mengambil beban dari keseluruhan beban studi sebesar 40% – 80%. Sementara itu kurikulum institusional didalamnya terumuskan kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya, yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama suatu program studi dan ditetapkan oleh institusi penyelenggara program studi. Kompetensi pendukung dapat bergerak antara 20% - 40% dari keseluruhan beban studi. Sementara itu kompetensi lainnya equivalen dengan beban studi sebesar 0%-30% dari keseluruhan.

    Kurikulum Program Studi Keperawatan ditetapkan dengan mengacu kepada 60% kurikulum inti, yaitu 87 sks dari 144 sks, ditambah 8 sks mata kuliah wajib umum dan 4 sks skripsi, dengan masa studi 4-5 tahun (8 semester-10 semester).

    Pengembangan kurikulum institusi disesuaikan dengan visi dan misi institusi yang mencirikan kekhasan dari institusi tersebut dengan memasukkan 20 % isu global (yaitu: Perawatan HIV/AIDS, Flu Burung, SARS, Disaster, Perawatan Trauma, IT, Entrepreuner , Bahasa Asing ) dan muatan lokal 20 % sesuai dengan keunggulan institusi

     

    Struktur Kurikulum Program Studi Pendidikan Profesi Ners

    Pendidikan tahap profesi merupakan kelanjutan dari tahap pendidikan program sarjana keperawatan dimana tahap ini peserta didik mengaplikasikan teori dan konsep yang didapat selama proses pendidikan sarjana. Pengalaman Belajar Klinik (PBK)  dilaksanakan di rumah sakit umum pemerintah/swasta,  klinik  bersalin,  rumah sakit jiwa,  dan puskesmas.  Sedangkan pengalaman belajarlapangan (PBL) dilaksanakan di lahan praktik wilayah binaan, panti sosial,  panti werda, dan komunitas. Pendekatan pelayanan dan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan proses  keperawatan untuk mengatasi masalah   klien   mulai   dari   yang   sederhana   sampai   dengan   yang kompleks.  Tahapan proses  keperawatan yang diterapkan adalah pengajian, perumusan  diagnose keperawatan,perencanaan, Implementasi    dan   evaluasi   keperawatan.   Selain    itu   pelaksanaan pembelajaran juga mempertimbangkan  batas kewenangan, tanggung jawab, dan kemampuan berlandaskan etika profesi  keperawatan.

  • Kalender

    KALENDER AKADEMIK 
    PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2017/2018
           
    No. Kegiatan Waktu Kegiatan Keterangan
    Semester II
    1 Perkuliahan I, Bimbingan PA  05 Maret - 20 April 2018 7 minggu
    2 UTS 23 - 27 April 2018 1 minggu
    3 Perkuliahan II, Bimbingan PA 30 April - 08 Juni 2018 6 minggu
    4 Libur Idul Fitri 11 Juni - 22 Juni 2018 2 minggu
    5 Perkuliahan III 25 Juni-29 Juni 2018 1 minggu
    5 Minggu Tenang 02 Juli - 07 Juli 2018 1 minggu
    6 UAS  09 Juli - 13 Juli 2018 1 minggu
    7 Perbaikan Nilai I 16 Juli - 28 Juli 2018 2 minggu
    8 Pengolahan Nilai  30 Juli - 3 Agustus 2018 1 minggu
    9 Yudicium 06  - 10 agustus 2018 1 minggu
    10 Libur Semester dan KRS on line 13 agustus - 07 Sept 2018 3 minggu
    11 Awal semester ganjil 10-Sep-18  
     
    Semester IV dan VI
    1 Perkuliahan I, Bimbingan PA 05 Maret - 13 April 2018 6 minggu
    2 UTS 16 April  - 20 April 2018 1 minggu
    3 Perkuliahan II, Bimbingan PA, Angkat Janji 23 April - 25 Mei 2018 5 minggu
    4 Minggu Tenang 28 Mei - 1 Juni 2018 1 minggu
    5 UAS 4 Juni -9 Juni 2018 1 minggu
    6 Libur Idul Fitri 11 Juni - 22 Juni 2018 2 minggu
    7 PBL 1 dan PBL 2 25 Juni- 13 Juli 2018  3 minggu
    8 Perbaikan Nilai  16 Juli - 28 Juli 2018 2 minggu
    9 Pengolahan Nilai  30 Juli - 3 Agustus 2018 1 minggu
    10 Yudicium  6  - 10 Agustus 2018 1 minggu
    11 Libur Semester dan KRS on line 13 Agustus - 07 Sept 2018 3 minggu
    12 Awal semester ganjil 10-Sep-18  
     
    Semester VIII
    1 Sidang Proposal Skripsi, Bimbingan PA 05 Maret - 16 Maret 2018 2 minggu
    2 Bimbingan Skripsi 19 Maret - 18 Mei 2018 9 minggu
    3 Sidang Skripsi, Bimbingan PA 21 Mei - 1 Juni 2018 2 minggu
    4 Pengolahan Nilai 4 Juni - 8 Juni 2017 1 minggu
      Libur Idul Fitri 11 Juni - 22 Juni 2018  
    5 YUDISIUM 25 Juni - 29 Juni 2018 1 minggu

     

    KALENDER AKADEMIK
    PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN
    SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2017/2018
    NO    
        KET
    SEMESTER II dan IV  
    1 KRS Semester Genap dan Bimbingan PA 19 February- 2 Maret 2018 1 Mgg
    2 Perkuliahan I  05 Maret - 20 April 2018 7 Mgg
    3 Ujian Tengah Semester (UTS)  23 - 27 April 2018 1 Mgg
    4 Perkuliahan II, Bimbingan PA 30 April - 08 Juni 2018 6 Mgg
    5 Libur Idul Fitri 2018 11-22 Juni 2018 2 Mgg
      Perkuliahan III 25-29 Juni 2018 1 Mgg
    6 Minggu Tenang dan Bimbingan PA 2 - 6 Juli 2018 1 Mgg
    7 Ujian Akhir Semester (UAS)  9-13 Juli 2018 1 Mgg
    8 Remedial semester genap 16-27 Juli 2018 2 Mgg
    9 Pengolahaan Nilai 30 Juli -3 Agustus 2018 1 Mgg
    10 Yudisium Semester Genap / Bimbingan PA 6-10 Agustus 2018 1 Mgg
    11 Awal Semester Ganjil  10 September 2018
        14 minggu efektif
    SEMESTER VI
    1 Pengisian KRS dan Bimbingan PA 6-9 Februari 2018 4 Hari
    2 Try Out UKOM Nasional 9-10 Februari 2018 2 Hari
    3 Perkuliahan 1 12-28 Februari 2018 3 Mgg
    4 Ujian Tengah Semester (UTS)  1-2 Maret 2018 2 Hari
    5 Perkuliahan 2 5-23 Maret 2018 3 Mgg
    6 Ujian Akhir Semester (UAS)  26-28 Maret 2018 3 Hari
    7 Pembekalan BTCLS 29 Maret 2018 1 Hari
    8 Praktik BTCLS 2-7 April 2018 6 Hari
      Gelombang 1
    9 Pembekalan Praktik Klinik Kelompok Khusus 09 April 2018 1 Hari
    10 Praktik Klinik Kelompok Khusus 10-24 April 2018 16 Hari
    11 Pembekalan Kep. Gawat Darurat 25-Apr-18 1 Hari
    12 Praktik Kep. Gawat Darurat 26-30 April 2018 5 Hari
    13 Try Out Lokal 1 & Pemantapan UKOM I 2-8 Mei 2018 5 Hari
      Gelombang 2
    14 Try Out Lokal 1 & Pemantapan UKOM I 9-13 April 2018 5 Hari
    15 Pembekalan Kep. Gawat Darurat 16-Apr-18 1 Hari
    16 Praktik Kep. Gawat Darurat 17-21 April 2018 5 Hari
    17 Pembekalan Praktik Klinik Kelompok Khusus 23-Apr-18 1 Hari
    18 Praktik Klinik Kelompok Khusus 24 April -8 Mei 2018 16 Hari
    19 Pembekalan Karya Tulis Ilmiah dan Bimbingan PA 9 Mei 2018 1 Hari
    20 Karya Tulis Ilmiah 11 - 25 Mei 2018 16 Hari
    21 Tryout UKOM Regional Jabar April / Mei 2 hari
    22 Pengolahan Nilai dan Bimbingan PA 28-30 Mei 2018 2 Hari
    23 Yudisium Semester Genap 31 Mei 2018 1 hari
    24 Pemantapan UKOM 2 4-8 Juni 2018 1 Mgg
    25 Libur Idul Fitri 2018 11 -22 Juni 2018 2 Mgg
    26 Try Out Lokal 2 & Pemantapan UKOM 3 25 Juni - Juli 2018 3 Mgg
    27 UKOM NASIONAL 2018 Juli 2018 2 hari
    28 Wisuda  Agustus 2018 1 hari
    29 Awal Semester Ganjil  10 September 2018

     

Sistem

Perubahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan globalisasi dunia berdampak secara langsung terhadap sistem pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan. Masyarakat bisa mendapatkan informasi secara cepat dan mudah, sehingga tuntutan terhadap pelayanan yang diberikan semakin meningkat, baik di tatanan klinik maupun di komunitas. Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan harus terjamin, tidak berisiko, dan dapat memberi kepuasan, termasuk pelayanan keperawatan.

Pelayanan keperawatan yang diberikan kepada masyarakat harus memenuhi standar mutu internasional, yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan klien beserta keluarganya. Perawat dituntut untuk tampil professional saat memberikan asuhan keperawatan serta mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar pelayanan yang diberikan dilakukan secara komprehensif dan dapat memenuhi kebutuhan dasar, meliputi kebutuhan bio, psiko, sosio dan spiritual klien.

Penyelenggaraan praktik keperawatan didasarkan pada kewenangan yang diberikan karena keahlian yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kesehatan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan globalisasi sebagaimana tertera dalam Undang-Undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009. Praktik keperawatan merupakan inti dari berbagai kegiatan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan yang harus terus menerus ditingkatkan mutunya melalui pendidikan, registrasi, sertifikasi, akreditasi dan pelatihan berkelanjutan serta pemantauan terhadap tenaga keperawatan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

Sekolah Tinggi Keperawatan (STIKep) PPNI Jabar sebagai institusi pendidikan  yang peduli dengan perkembangan keilmuan profesi keperawatan dan program-program kesehatan di lingkup nasional ataupun global, merasa terpanggil untuk terlibat dan ikut serta dalam menanggulangi berbagai masalah kesehatan. Dalam hal ini salah satu cara yang ditempuh adalah dengan pengembangan SDM tenaga keperawatan keperawatan menjadi prioritas utama, dengan melahirkan Sarjana Keperawatan (Ners) dan Ahli Madya Keperawatan yang dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Jawa Barat khususnya dan di Indonesia pada umumnya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Kurikulum Pendidikan Ners 2014 terdiri atas kurikulum tahap akademik (Sarjana Keperawatan) dan kurikulum tahap profesi (Ners). Kurikulum ini disusun setelah mempertimbangkan bahwa Kurikulum Pendidikan Ners (tahap akademik Sarjana dan profesi Ners) yang disahkan pada tahun 2010 perlu dievaluasi dan disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang Pendidikan Tinggi. Untuk menyongsong ASEAN Community tahun 2015 dan mengantisipasi perkembangan global telah diadakan perubahan-perubahan yang bersifat inovasi, reorientasi, reformasi di dalam revisi kurikulum Pendidikan Ners. Saat ini tuntutan terhadap pelayanan kesehatan semakin meningkat, masalah-masalah kesehatan semakin kompleks, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan semakin canggih, dan selain itu persyaratan dunia kerja semakin menuntut tenaga keperawatan yang kompeten, sehingga dunia pendidikan keperawatan harus mampu mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk mampu berkompetisi baik nasional maupun global.

Penyusunan revisi kurikulum tahun 2014 berlandaskan kepada peraturan-peraturan terkini yang ada di Indonesia, dengan mempertimbangkan kebutuhan pemangku kepentingan, dan tuntutan dari organisasi profesi yang mengharapkan lulusan berstandar internasional dan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia level 7. Secara nasional, aturan-aturan yang tertuang pada SK Mendiknas No. 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar SK Mendiknas No. 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi, dan UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 20 (3) bahwa Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, profesi, dan/atau vokasi; PP RI No 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dan PP RI No 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, serta Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Penyusunan materi berdasarkan masukan stakeholders dan hasil kerjasama dengan organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia melalui kolegium. Tuntutan dari stakeholder: masyarakat, rumah sakit, puskesmas, departemen kesehatan dan organisasi/institusi pelayanan kesehatan lainnya terhadap tampilan perawat profesional, digunakan oleh penyusun kurikulum sebagai landasan pengembangan profil Ners di masyarakat. Kurikulum yang disusun juga lebih menitik beratkan kepada proses pembelajaran yang berorientasi kepada mahasiswa (student centered learning). Capaian pembelajaran yang harus dipenuhi oleh lulusan program pendidikan profesi sesuai dengan KKNI level 7 terdiri atas 4 komponen yaitu komponen sikap, kemampuan kerja umum dan khusus, penguasaan pengetahuan, serta kewenangan dan tanggung jawab. Untuk komponen sikap dan kemampuan kerja umum mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi yang merupakan capaian pembelajaran yang bersifat umum untuk seluruh lulusan pendidikan tinggi di Indonesia. Sedangkan untuk komponen penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja khusus, dan kewenangan dan tanggung jawab mengacu pada KKNI level 7 bidang keperawatan yang telah disepakati oleh tim penyusun KKNI Dikti yang melibatkan organisasi profesi PPNI dan AIPNI.

Berdasarkan latar belakang di atas dan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, tersusunlah kurikulum inti Pendidikan Ners mengacu pada Capaian pembelajarans Ners tahun 2014 yang dapat dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum institusional di berbagai institusi penyelenggara program studi profesi Ners di seluruh Indonesia, dengan tahapan dan langkah yang diharapkan dapat menjamin kualitas lulusan sehingga mampu berkompetisi secara global.

Kurikulum Pendidikan

Struktur Kurikulum Inti Program Studi Sarjana Keperawatan

Kurikulum inti menurut Kepmendiknas no.045/U/2002, merupakan penciri dari kompetensi utama, bersifat dasar untuk mencapai kompetensi lulusan, merupakan acuan baku minimal mutu penyelenggaraan program studi, dan ditetapkan oleh kalangan perguruan tinggi (program studi sejenis) bersama masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Jadi Kompetensi utama ini merupakan penciri suatu lulusan program studi tertentu, dan ini bisa disepakati dengan mengambil beban dari keseluruhan beban studi sebesar 40% – 80%. Sementara itu kurikulum institusional didalamnya terumuskan kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya, yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama suatu program studi dan ditetapkan oleh institusi penyelenggara program studi. Kompetensi pendukung dapat bergerak antara 20% - 40% dari keseluruhan beban studi. Sementara itu kompetensi lainnya equivalen dengan beban studi sebesar 0%-30% dari keseluruhan.

Kurikulum Program Studi Keperawatan ditetapkan dengan mengacu kepada 60% kurikulum inti, yaitu 87 sks dari 144 sks, ditambah 8 sks mata kuliah wajib umum dan 4 sks skripsi, dengan masa studi 4-5 tahun (8 semester-10 semester).

Pengembangan kurikulum institusi disesuaikan dengan visi dan misi institusi yang mencirikan kekhasan dari institusi tersebut dengan memasukkan 20 % isu global (yaitu: Perawatan HIV/AIDS, Flu Burung, SARS, Disaster, Perawatan Trauma, IT, Entrepreuner , Bahasa Asing ) dan muatan lokal 20 % sesuai dengan keunggulan institusi

 

Struktur Kurikulum Program Studi Pendidikan Profesi Ners

Pendidikan tahap profesi merupakan kelanjutan dari tahap pendidikan program sarjana keperawatan dimana tahap ini peserta didik mengaplikasikan teori dan konsep yang didapat selama proses pendidikan sarjana. Pengalaman Belajar Klinik (PBK)  dilaksanakan di rumah sakit umum pemerintah/swasta,  klinik  bersalin,  rumah sakit jiwa,  dan puskesmas.  Sedangkan pengalaman belajarlapangan (PBL) dilaksanakan di lahan praktik wilayah binaan, panti sosial,  panti werda, dan komunitas. Pendekatan pelayanan dan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan proses  keperawatan untuk mengatasi masalah   klien   mulai   dari   yang   sederhana   sampai   dengan   yang kompleks.  Tahapan proses  keperawatan yang diterapkan adalah pengajian, perumusan  diagnose keperawatan,perencanaan, Implementasi    dan   evaluasi   keperawatan.   Selain    itu   pelaksanaan pembelajaran juga mempertimbangkan  batas kewenangan, tanggung jawab, dan kemampuan berlandaskan etika profesi  keperawatan.

Kalender Akademik
KALENDER AKADEMIK 
PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2017/2018
       
No. Kegiatan Waktu Kegiatan Keterangan
Semester II
1 Perkuliahan I, Bimbingan PA  05 Maret - 20 April 2018 7 minggu
2 UTS 23 - 27 April 2018 1 minggu
3 Perkuliahan II, Bimbingan PA 30 April - 08 Juni 2018 6 minggu
4 Libur Idul Fitri 11 Juni - 22 Juni 2018 2 minggu
5 Perkuliahan III 25 Juni-29 Juni 2018 1 minggu
5 Minggu Tenang 02 Juli - 07 Juli 2018 1 minggu
6 UAS  09 Juli - 13 Juli 2018 1 minggu
7 Perbaikan Nilai I 16 Juli - 28 Juli 2018 2 minggu
8 Pengolahan Nilai  30 Juli - 3 Agustus 2018 1 minggu
9 Yudicium 06  - 10 agustus 2018 1 minggu
10 Libur Semester dan KRS on line 13 agustus - 07 Sept 2018 3 minggu
11 Awal semester ganjil 10-Sep-18  
 
Semester IV dan VI
1 Perkuliahan I, Bimbingan PA 05 Maret - 13 April 2018 6 minggu
2 UTS 16 April  - 20 April 2018 1 minggu
3 Perkuliahan II, Bimbingan PA, Angkat Janji 23 April - 25 Mei 2018 5 minggu
4 Minggu Tenang 28 Mei - 1 Juni 2018 1 minggu
5 UAS 4 Juni -9 Juni 2018 1 minggu
6 Libur Idul Fitri 11 Juni - 22 Juni 2018 2 minggu
7 PBL 1 dan PBL 2 25 Juni- 13 Juli 2018  3 minggu
8 Perbaikan Nilai  16 Juli - 28 Juli 2018 2 minggu
9 Pengolahan Nilai  30 Juli - 3 Agustus 2018 1 minggu
10 Yudicium  6  - 10 Agustus 2018 1 minggu
11 Libur Semester dan KRS on line 13 Agustus - 07 Sept 2018 3 minggu
12 Awal semester ganjil 10-Sep-18  
 
Semester VIII
1 Sidang Proposal Skripsi, Bimbingan PA 05 Maret - 16 Maret 2018 2 minggu
2 Bimbingan Skripsi 19 Maret - 18 Mei 2018 9 minggu
3 Sidang Skripsi, Bimbingan PA 21 Mei - 1 Juni 2018 2 minggu
4 Pengolahan Nilai 4 Juni - 8 Juni 2017 1 minggu
  Libur Idul Fitri 11 Juni - 22 Juni 2018  
5 YUDISIUM 25 Juni - 29 Juni 2018 1 minggu

 

KALENDER AKADEMIK
PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2017/2018
NO    
    KET
SEMESTER II dan IV  
1 KRS Semester Genap dan Bimbingan PA 19 February- 2 Maret 2018 1 Mgg
2 Perkuliahan I  05 Maret - 20 April 2018 7 Mgg
3 Ujian Tengah Semester (UTS)  23 - 27 April 2018 1 Mgg
4 Perkuliahan II, Bimbingan PA 30 April - 08 Juni 2018 6 Mgg
5 Libur Idul Fitri 2018 11-22 Juni 2018 2 Mgg
  Perkuliahan III 25-29 Juni 2018 1 Mgg
6 Minggu Tenang dan Bimbingan PA 2 - 6 Juli 2018 1 Mgg
7 Ujian Akhir Semester (UAS)  9-13 Juli 2018 1 Mgg
8 Remedial semester genap 16-27 Juli 2018 2 Mgg
9 Pengolahaan Nilai 30 Juli -3 Agustus 2018 1 Mgg
10 Yudisium Semester Genap / Bimbingan PA 6-10 Agustus 2018 1 Mgg
11 Awal Semester Ganjil  10 September 2018
    14 minggu efektif
SEMESTER VI
1 Pengisian KRS dan Bimbingan PA 6-9 Februari 2018 4 Hari
2 Try Out UKOM Nasional 9-10 Februari 2018 2 Hari
3 Perkuliahan 1 12-28 Februari 2018 3 Mgg
4 Ujian Tengah Semester (UTS)  1-2 Maret 2018 2 Hari
5 Perkuliahan 2 5-23 Maret 2018 3 Mgg
6 Ujian Akhir Semester (UAS)  26-28 Maret 2018 3 Hari
7 Pembekalan BTCLS 29 Maret 2018 1 Hari
8 Praktik BTCLS 2-7 April 2018 6 Hari
  Gelombang 1
9 Pembekalan Praktik Klinik Kelompok Khusus 09 April 2018 1 Hari
10 Praktik Klinik Kelompok Khusus 10-24 April 2018 16 Hari
11 Pembekalan Kep. Gawat Darurat 25-Apr-18 1 Hari
12 Praktik Kep. Gawat Darurat 26-30 April 2018 5 Hari
13 Try Out Lokal 1 & Pemantapan UKOM I 2-8 Mei 2018 5 Hari
  Gelombang 2
14 Try Out Lokal 1 & Pemantapan UKOM I 9-13 April 2018 5 Hari
15 Pembekalan Kep. Gawat Darurat 16-Apr-18 1 Hari
16 Praktik Kep. Gawat Darurat 17-21 April 2018 5 Hari
17 Pembekalan Praktik Klinik Kelompok Khusus 23-Apr-18 1 Hari
18 Praktik Klinik Kelompok Khusus 24 April -8 Mei 2018 16 Hari
19 Pembekalan Karya Tulis Ilmiah dan Bimbingan PA 9 Mei 2018 1 Hari
20 Karya Tulis Ilmiah 11 - 25 Mei 2018 16 Hari
21 Tryout UKOM Regional Jabar April / Mei 2 hari
22 Pengolahan Nilai dan Bimbingan PA 28-30 Mei 2018 2 Hari
23 Yudisium Semester Genap 31 Mei 2018 1 hari
24 Pemantapan UKOM 2 4-8 Juni 2018 1 Mgg
25 Libur Idul Fitri 2018 11 -22 Juni 2018 2 Mgg
26 Try Out Lokal 2 & Pemantapan UKOM 3 25 Juni - Juli 2018 3 Mgg
27 UKOM NASIONAL 2018 Juli 2018 2 hari
28 Wisuda  Agustus 2018 1 hari
29 Awal Semester Ganjil  10 September 2018

 

Official Website
Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan - PPNI Jabar
Diselenggarakan oleh Yayasan Perawat Nasional Indonesia
Kepengurusan Daerah Jawa Barat